Tips Perjalanan Haji agar Nyaman dan Aman sampai Tujuan

Menerapkan beberapa tips perjalanan haji akan meminimalkan terjadinya kendala hingga ke tempat tujuan. Jadi, perjalanan ibadah berjalan lancar karena terasa aman serta nyaman dari berangkat sampai lokasi yang dituju.

Bagi yang sudah pernah menunaikan haji sebelumnya kemungkinan tidak terlalu bingung dalam mempersiapkan segala hal terkait keberangkatan mereka. Tapi, bagi yang belum pernah menunaikannya, biasanya masih bingung.

Apalagi belum pernah melakukan perjalanan jauh naik pesawat. Bila Anda salah satunya yang merasa seperti demikian, bisa menerapkan beberapa tips sebagaimana akan dibahas pada uraian berikut agar perjalanan ibadah haji nantinya aman dan nyaman.

Tips Perjalanan Haji agar Nyaman dan Aman sampai Tujuan

Beberapa Tips Perjalanan Haji agar Nyaman dan Aman sampai Tempat Tujuan

Perjalanan menuju Baitullah bukanlah waktu yang singkat. Apalagi bila titik keberangkatan berjarak cukup jauh dari Mekah. Seberapapun jauh perjalanan yang harus ditempuh, agar nyaman serta nyaman, Anda bisa menerapkan beberapa tips saat melakukan perjalanan haji berikut ini:

1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Tips pertama adalah menjaga kesehatan tubuh baik itu jasmani maupun rohani. Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar kesehatan tubuh senantiasa terjaga hingga jadwal keberangkatan tiba adalah rutin jalan kaki.

Dengan rutin jalan kaki sebelum berangkat haji, Anda akan mempunyai tubuh bugar dan sehat. Hal ini begitu penting mengingat haji adalah jenis ibadah yang memerlukan aktivitas fisik tinggi.

Selain olahraga dalam bentuk jalan kaki, tips perjalanan haji lainnya adalah istirahat cukup setiap harinya dan mengonsumsi makan-makanan bergizi. Sebaiknya bagi yang memiliki kebiasaan merokok untuk menghentikannya sementara waktu terlebih dahulu.

Tujuan dari upaya ini tidak lain meminimalkan risiko penyakit berbahaya baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Contoh penyakit berbahaya akibat paparan asap rokok yaitu infeksi paru dan gangguan saluran pernapasan.

Sebelum berangkat haji, biasanya para calon jamaah akan diminta untuk melakukan vaksinasi terlebih dahulu sesuai dengan yang direkomendasikan. Pastikan Anda mendapatkan vaksin dengan tepat waktu sesuai jenis yang disarankan.

Tips perjalanan haji berkaitan dengan kesehatan harus dimulai dari kebiasaan kecil. Seperti sebelum makan, setelah memegang benda kotor dan sesudah dari kamar mandi membiasakan diri mencuci tangan.

Lingkungan berbeda antara Indonesia dengan tanah suci bisa saja memicu terjadinya stress. Untuk menghadapi kondisi seperti ini, persiapkan kesehatan tubuh, termasuk selalu berpikir positif selama perjalanan.

Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter maupun tenaga medis yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal sebelum berangkat haji. Periksakan kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh agar ketika berangkat fisik benar-benar mumpuni.

2. Membawa Beberapa Perlengkapan

Tips perjalanan haji berikutnya yaitu sebelum berangkat bawa beberapa perlengkapan penunjang kelancaran saat sudah sampai di tempat tujuan. Pelengkapan utama berhubungan dengan penunjang kegiatan ibadah selama di sana.

Seperti, alat ibadah, Al-Quran serta pakaian ihram. Disarankan untuk membawa pakaian ihram yang nyaman dan bersih sebanyak dua lembar. Pilih jenis pakaian yang mudah menyerap keringat serta terbuat dari bahan ringan agar nyaman saat dikenakan.

Karena ini perjalanan ke luar negeri, paspor merupakan salah satu dokumen yang harus diurus sebelum berangkat. Penting untuk memastikan sebelum berangkat bahwa paspor masih berlaku minimal enam bulan sesudah tanggal rencana ingin kembali ke Indonesia.

Tidak hanya paspor saja, beberapa dokumen penting lainnya juga perlu dibawa. Diantaranya visa haji, tiket pesawat, kartu identitas dan lain-lain yang diperlukan. Ketika menerapkan tips perjalanan haji satu ini, jangan lupa membawa obat-obatan penting.

Mengenai obat yang perlu dibawa disesuaikan dengan kebutuhan selama perjalanan sekaligus saat berada di tanah suci. Anda bisa membawa obat umum atau jenis obat untuk mengobati penyakit kronis.

Selain obat, bawa perlengkapan kebersihan pribadi untuk mengantisipasi bila di tempat tujuan tidak tersedia. Seperti, sabun cuci tangan, tisu basah dan hand sanitizer. Bawa juga perlengkapan mandi pribadi, jaket dan pelindung panas.

Perlengkapan yang tidak kalah penting lainnya perlu dibawa saat menerapkan tips perjalanan haji satu ini adalah kartu kredit, uang tunai, ponsel, ransel atau tas kecil, identifikasi medis serta kontak darurat yang bisa dihubungi. 

Bawa juga adaptor listrik dan power bank untuk memudahkan penggunaan peralatan elektronik seperti ponsel selama di sana. Jadi, nantinya bisa tetap berkomunikasi dengan keluarga yang ada di rumah selama perjalanan.

3. Tidak Lupa Melakukan Pengecekan Ulang Sebelum Berangkat

Ketika seluruh perlengkapan sudah dipersiapkan, beberapa jam sebelum waktu keberangkatan jangan lupa melakukan pengecekan ulang. Agar tidak ada benda terlewat, sebaiknya saat melakukan persiapan perlengkapan catat sedetail mungkin.

Kemudian, ketika ingin mengecek ulang tinggal mencocokkannya dengan catatan. Proses pengecekan ulang jangan dilakukan mepet dengan waktu keberangkatan. Sebab, biasanya malah akan menyebabkan ada perlengkapan yang terlewat tidak dibawa.

Untuk itulah saat melakukan tips perjalanan haji satu ini tidak boleh saat kondisinya terburu-buru. Bila perlengkapan yang lupa dibawa tidak terlalu penting atau bisa dibeli di tempat tujuan, seperti sabun mandi mungkin masih tidak menjadi masalah.

Tapi, bila perlengkapan yang lupa dibawa sifatnya sangat penting, seperti paspor, tentu akan membuat perjalanan Anda menjadi terhambat. Bahkan risiko paling parahnya menjadi gagal untuk berangkat.

Tidak ada salahnya ketika menerapkan tips perjalanan haji ini meminta bantuan orang terdekat untuk membantu mengecek ulang barang bawaan. Jadi, nantinya selama perjalanan tidak perlu merasa khawatir akibat ada barang tertinggal.

4. Memperhatikan Beberapa Hal ketika di dalam Pesawat

Durasi tempuh penerbangan menuju ke Madinah diperkirakan sekitar sembilan jam. Selama masa penerbangan tersebut, agar para calon jamaah terjaga keamanan dan kenyamanannya, ada beberapa tips perjalanan haji yang bisa diterapkan, diantaranya:

a) Ketika di dalam pesawat dan ingin memanfaatkan waktu penerbangan untuk tidur, pastikan durasinya cukup, jangan berlebihan. Bila berlebihan, bisa mempengaruhi stamina atau kebugaran tubuh saat sudah sampai di tempat tujuan.

b) Tempat untuk duduk dibuat senyaman mungkin dan barang yang dibawa ke kabin pesawat secukupnya saja.

c) Sabuk pengaman harus selalu dipakai baik dalam kondisi duduk ataupun tidur.

d) Bila ingin minum bisa air putih atau jus buah dengan jumlah secukupnya. Hindari jenis minuman berkafein karena bisa meningkatkan rasa cemas. Untuk makanan, pramugari akan memberikannya dan sebaiknya langsung dikonsumsi serta dihabiskan.

e) Bila ingin buang air kecil, segera lakukan, jangan ditahan karena bisa membahayakan kesehatan. Tidak perlu sungkan untuk bertanya kepada awak kabin bila belum tahu cara pakai toilet di dalam pesawat.

f) Buka mulut ketika pesawat akan naik serta turun untuk meminimalkan risiko terjadinya nyeri telinga akibat dari perbedaan tekanan udara.

g) Setiap dua hingga tiga jam sekali selama duduk, gerakan kaki. Tujuannya supaya kaki tidak kaku sekaligus menghindari risiko terjadinya DVT atau Deep Vein Trombosis.

h) Selama perjalanan harus selalu berdoa untuk keselamatan seluruh penumpang.

i) Ikuti seluruh arahan yang diberikan oleh awak kabin pesawat.

Jangan abaikan beberapa tips diatas bila menginginkan perjalanan yang lancar sekaligus minim kendala saat berangkat menunaikan ibadah haji. Menerapkan tips perjalanan haji dengan baik dapat memberikan rasa nyaman serta aman hingga sampai di tempat tujuan.


Meta Keyword: Tips perjalanan haji

Meta Deskripsi: Menerapkan beberapa tips perjalanan haji akan meminimalkan terjadinya kendala hingga ke tempat tujuan sekaligus memberikan kenyamanan dan keamanan.

Referensi:

  • https://dinkes.jakarta.go.id/berita/read/tips-menjaga-kesehatan-selama-menjalankan-ibadah-haji
  • https://dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detail/hajisehat-tipsehathaji-tips-sehat-berhaji
  • https://kemenag.go.id/nasional/tips-nyaman-dan-aman-di-pesawat-selama-perjalanan-haji-x0x5lf
  • https://www.rri.co.id/info-haji/681975/keperluan-wajib-yang-harus-dibawa-saat-berangkat-haji

Ust. Amien Mujaddid Seorang da'i serta pemandu haji dan umroh dari Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Iklan Atas Artikel

daftar haji sekarang!

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

daftar haji sekarang!